Welcome

AWALI HARIMU DENGAN SENYUM!

Bukan karena semua baik, kita tersenyum,..... tapi karena kita tersenyum, maka semuanya menjadi baik.

Bukan karena hari ini indah, kita bahagia,..... tapi karena kita bahagia, hari ini menjadi indah.



Wednesday, October 26, 2011

Beda iPad, iPod, dan iPhone



Antara iPad, iPod, dan iPhone

Apabila dilihat sekilas, antara iPad, iPhone, dan iPod touch tidak banyak berbeda. Kalaupun berbeda, mungkin hanya pada ukuran fisiknya. 
Ketiga produk yang diproduksi oleh Apple, perusahaan perangkat keras asal Amerika Serikat (AS), itu menggunakan sistem pengoperasian yang sama dan menjalankan aplikasiaplikasi yang mirip.

Kendati aplikasi-aplikasinya mirip, fitur yang tersedia pada ketiga gadget itu tidak sama. Ada perangkat yang memiliki kamera, ada pula perangkat yang dilengkapi dengan fi tur komunikasi (telepon).

Dari sisi kapasitasnya pun ketiga perangkat itu memiliki perbedaan. IPad dan iPhone memiliki kapasitas penyimpanan data sebesar 16 GB, 32 GB, dan tertinggi 64 GB. Sedangkan iPod, kapasitas penyimpanan datanya 8 GB, 32 GB, dan 64 GB.

Perbedaan juga terlihat dari ukuran layarnya. IPad yang merupakan perangkat terbaru keluaran Apple dengan teknologi iBook itu memiliki layar yang lebih lebar ketimbang dua perangkat lainnya, yakni berukuran 9,7 inci dengan resolusi 1.024 x 768 piksel.

Hal itu membuat pengguna lebih merasa nyaman ketika membaca electronik book (e-book) melalui iPad. Sementara itu, iPod touch dan iPhone 3 GS memiliki ukuran layar yang sama, 3,5 inci dengan resolusi 480 x 320 piksel.

IPhone 3 GS yang merupakan perangkat telepon seluler (ponsel) telah didukung aplikasi global positioning system (GPS).

Aplikasi itu tidak terdapat pada iPad maupun iPod touch. Pada beberapa varian iPad, konektivitasnya hanya didukung oleh WiFi dan 3G, dan iPod touch hanya menggunakan WiFi. Fitur lain yang juga membedakan ketiga gadget itu adalah keberadaan kamera.

Dari ketiga perangkat itu, iPhone 3GS dilengkapi kamera 3 megapiksel dan video. IPhone juga dilengkapi fasilitas pengeditan video, sedangkan iPad dan iPod tidak memiliki fasilitas tersebut. Untuk mendukung proses transfer data, ketiga perangkat itu dilengkapi fitur bluetooth.

Namun, untuk dihubungkan ke perangkat televisi, hanya iPod touch yang dilengkapi fasilitas tersebut.

Kendati ketiga perangkat memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, beberapa pihak memprediksi komputer tablet alias iPad akan menjadi tren ke depan.

Bahkan, biro riset Gartner menengarai komputer dengan layar sentuh (touchscreen) itu akan “menyihir” anak-anak di dunia.

Pada 2015, produk itu diperkirakan digunakan oleh 50 persen anak-anak di dunia. Anak-anak lebih menyukai pengontrolan komputer dengan sentuhan jari dibandingkan dengan menggunakan tetikus atau papan ketik.

Meski bagi anak-anak layar sentuh cukup menarik, tidak halnya bagi orang dewasa, terutama kalangan pebisnis.

Diperkirakan hanya 10 persen dari mereka yang menyukai penggunaan komputer dengan layar sentuh. Hal itu didasari alasan dunia bisnis membutuhkan pengetikan cepat yang hingga kini keperluan tersebut belum bisa dipenuhi oleh komputer layar sentuh.
berbagai sumber/nik/L-2



 
     

Jika diingat ipod, iphone dan ipad, pikiran akan langsung teringat apple, ketiga produk ini diproduksi oleh apple yang merupakan perusahaan perangkat keras  di Amerika Serikat yang tentunya dikenal dengan Komputer Mac-nya yang menjadi idaman tiap pengguna komputer.
Walau ipod, iphone dan ipad pada ketiga ini diproduksi oleh apple dan memiliki aplikasi yang hampir mirip, namun fitur yang tersedia pada ketiga gadget ini tidaklah sama, yang identik adalah ketiga-tiganya menggunakan layar sentuh untuk
keseluruhan opersionalnya. Yang membedakan antara satu sama lain pada ketiga ipod ini, seperti iphone yang memiliki fitur kamera plus kemampuan berkomunikasi seperti handphone, dan segala fitur yang dimiliki oleh Handphone seperti adanya GPS dan semua fitur yang terdapat pada ipod juga ada didalam iphone ini. Sedang ipod lebih di utamakan pada segi hiburannya, seperti Photo, Video, bahkan bisa membaca ebook walau dengan tampilan yang lebih kecil dibandingkan dengan ipad yang berukuran 9.7″ dengan resolusi 1.024 x 768 pixel, yang tentunya akan memberikan rasa nyaman pada pengguna saat membaca e-book (buku elektronik / electronic book )  dan bahkan menggambar dengan ipad.  Jadi bisa dikatakan ipad itu besarnya ipod, dengan kemampuan yang hampir mirip namun banyak aplikasi yang menarik ditujukan untuk ipad.

 Mungkin Anda sering melihat iklan di televisi tentang iPad dan iPhone 4? Apakah iPad itu dan Apakah iPhone 4? Lalu apakah perbedaan dan persamaan antara iPad dan iPhone 4? 
Untuk mengetahui lebih dalam tentang Apakah iPad itu? Anda bisa baca ulasan lengkapnya di Spesifikasi dan Fitur iPadsedangkan untuk mengetahui Kelebihan dari iPhone 4 bisa dibaca di Apakah Kelebihan iPhone 4 itu?  Lalu apakah perbedaan dan persamaan antara iPhone 4 dan iPad? Berikut ini adalah ulasan singkatnya.
Berbicara tentang iPad dan iPhone 4 tentunya tak terlepas dari fungsi dan kegunaan antara keduanya. Perlu diingat iPhone 4 adalah sebuah telepon (handphone) jadi sudah bisa dipastikan bahwa iPhone memiliki fitur-fitur selayaknya sebuah Handphone, dimana Anda bisa melakukan percakapan (nelepon), kirim SMS, MMS sampai Video Call (FaceTime). Sedangkan iPad bukanlah sebuah telepon karena pada awalnya saja ditujukan sebagai eBook Reader/Tablet yang tentunya tidak disertai dengan fungsi telepon (meski dengan berbagai Tweak/Jailbreak dan aplikasi, Anda bisa merubah iPad untuk memiliki fungsi sebagaimana layaknya sebuah telepon).




iPhone 4 sudah dilengkapi dengan koneksi 3G dan Wifi itu artinya Anda bisa akses internet baik melalui jaringan 3G ataupun Wifi, namun tidak demikian dengan iPad. iPad hadir dengan 3 varian, ada yang dilengkapi dengan koneksi 3G ada yang tidak, itu artinya jika Anda berminat membeli iPad, pastikan Anda membeli iPad versi 3G sehingga anda bisa mengakses internet di iPad lewat operator selular kesayangan.

Dari sisi ukuran layar dan berat jelas sangat jauh berbeda. iPhone 4 hadir mungil dan stylish dengan berat hanya 0,3 pound dan layar  3.5 inches sedangkan iPad beratnya hampir 1.5 (atau 1.6 pound untuk versi iPad 3G) ini bisa dimaklumi karena layar iPad lumayan lebar yakni 9.7 inches sehingga Anda bisa menikmati tampilan dengan lebih leluasa.

iPhone 4 dilengkapi dengan kamera bahkan dual kamera dimana kamera depan bisa difungsikan untuk melakukan video call atau facetime, sedangkan iPad belum dilengkapi dengan kamera.

Sedangkan untuk aplikasi dan game, karena menggunakan sistem operasi yang sama yakni iOS baik iPad dan iPhone tentunya didukung dengan ribuan aplikasi dan game yang siap diinstal dan didownload lewat Apple App Store. Anda bisa dengan mudah update Twitter, Chat Facebook sampai memainkan game terkenal seperti Angry Birds di iPhone dan iPad.
Kesimpulannya: jika anda membutuhkan sebuah gadget yang hampir mendekati fungsi sebuah netbook (layar besar dan tentunya kemudahan mengakses internet) maka tentunya iPad bisa menjadi pilihan, namun jika yang diperlukan adalah sebuah alat komunikasi (telepon) namun dengan fungsi tambahan yang beragam, tentunya iPhone 4 bisa dijadikan alternatif terbaik.

KOLUMNIS New York Times David Pogue menjawab beberapa pertanyaan tentang produk iPad keluaran Apple.
* Haruskah saya membeli iPad atau tidak?
Itu tergantung pada pola pikir Anda. Produk ini adalah sebuah mesin yang cerdas, sebuah pencipta kategori, mainan untuk digunakan. Berbagai aplikasi mewakili ide-ide software paling sering digunakan dalam waktu lama. Bila Anda membutuhkan sebuah laptop, belilah laptop.

* Dapatkah iPad untuk mencetak?
Tidak. Anda dapat membuat sebuah dokumen dan kemudian menghubungkannya ke Mac atau PC Anda lalu mencetaknya dari sana.

* Apakah Saya butuh tas untuk melindunginya?
Tidak. Produk iPad dibuat seperti sebuah tank. Saya tidak kesulitan membawanya kemana-mana dalam tas saya. Bagian kaca tahan terhadap segala goresan.

* Tidak ada rongga USB. Jadi saya tak bisa mengunduh foto di kamera ke iPad?
Model ini memiliki sebuah alat koneksi kamera iPad keluaran Apple yaitu iPad Camera Connection Kit yang dijual dengan harga sekitar 30 dolar AS. Alat ini dilengkapi dengan dua adapter. Satu untuk menerima kartu memori SD kamera standa, sementara yang lainnya untuk sambungan kabel USB kamera.

* Apakah saya harus membelinya bila sudah memiliki laptop dan iPhone?
Tidak perlu. Membeli iPad adalah sebuah pilihan. Pertanyaan ini agak aneh karena iPad memang sangat berbeda dengan laptop atau iPhone. Software layar multi sentuh ini membuatnya sangat berbeda dengan laptop, sedangkan ukuran layarnya juga sangat berbeda dengan iPhone. Ipad adalah sebuah produk yang benar-benar baru dan berbeda. (tst/meidia)
(Dikutip dari : HarianTerbit.com,)

No comments:

Post a Comment