Welcome

Awali Harimu Dengan Senyum!

Bukan karena semua baik, kita tersenyum,..... tapi karena kita tersenyum, maka semuanya menjadi baik.

Bukan karena hari ini indah, kita bahagia,..... tapi karena kita bahagia, hari ini menjadi indah.



Selasa, 13 Maret 2012

Anak Durhaka

KISAH NYATA ANAK DURHAKA

Sebuah Cerita Nyata dari Negeri tetangga Singapura beberapa dekade lalu yang cukup menghebohkan hingga Perdana Menteri saat itu, Lee Kwan Yew senior turun tangan dan mengeluarkan dekrit tentang orang lansia di Singapura.

Diceritakan ada orang kaya raya  mantan Pengusaha sukses yang mengundurkan diri dari dunia bisnis ketika istrinya meninggal. Jadilah ia single parent yang berusaha membesarkan dan mendidik dengan baik anak laki-laki satu-satunya hingga mampu mandiri dan menjadi seorang Sarjana.
Kemudian setelah anak tunggalnya tersebut menikah, ia minta ijin kepada ayahnya untuk tinggal bersama di Apartemen Ayahnya yang mewah dan besar. Dan ayahnya pun dengan senang hati mengijinkan anak menantunya tinggal bersama-sama dengannya. Terbayang dibenak orangtua tersebut bahwa apartemen nya yang luas dan mewah tersebut tidak akan sepi, terlebih jika ia mempunya cucu. Betapa bahagianya hati bapak tersebut bisa berkumpul dan membagi kebahagiaan dengan anak dan menantunya.

Pada mulanya terjadi komunikasi yang sangat baik antara Ayah-Anak-Menantu yang membuat Ayahnya yang sangat mencin#tai anak tunggalnya itu tersebut tanpa sedikitpun ragu-ragu mewariskankan seluruh harta kekayaan termasuk apartment yang mereka tinggali, dibaliknamakan ke anaknya itu melalui Notaris terkenal di sana.

Tahun-tahun berlalu, seperti biasa, masalah klasik dalam rumah tangga, jika anak menantu tinggal seatap dengan orang tua, entah sebab mengapa akhirnya pada suatu hari mereka bertengkar hebat yang pada akhirnya, anaknya tega mengusir sang Ayah keluar dari apartment mereka yang ia warisi dari Ayahnya.

Karena seluruh hartanya, Apartemen, Saham, Deposito, Emas dan uang tunai sudah diberikan kepada anaknya, maka mulai hari itu dia menjadi pengemis di Orchard Rd. Bayangkan, orang kaya mantan pebisnis yang cukup terkenal di Singapura tersebut, tiba-tiba menjadi pengemis!

Suatu hari, tanpa disengaja melintas mantan teman bisnisnya dulu dan memberikan sedekah, dia langsung mengenali si ayah ini dan menanyakan kepadanya, apakah ia teman bisnisnya dulu. Tentu saja, si ayah malu danmenjawab bukan, mungkin Anda salah orang, katanya. Akan tetapi temannya curiga dan yakin, bahwa orang tua yang mengemis di Orchad Road itu adalah temannya yang sudah beberapa lama tidak ada kabar beritanya. Kemudian, temannya ini mengabarkan hal ini kepada teman-temannya yang lain, dan mereka akhirnya bersama-sama mendatangi orang tersebut. Semua mantan sahabat karibnya tersebut langsung yakin bahwa pengemis tua itu adalah Mantan pebisnis kaya yang dulu mereka kenal.

Dihadapan para sahabatnya, si ayah dengan menangis tersedu-sedu, menceritakan semua kejadian yang sudah dialaminya. Maka, terjadilah kegemparan di sana, karena semua orangtua di sana merasa sangat marah terhadap anak yang sangat tidak bermoral itu.

Kegemparan berita tersebut akhirnya terdengar sampai ke telinga PM Lee Kwan Yew Senior.

PM Lee sangat marah dan langsung memanggil anak dan menantu durhaka tersebut. Mereka dimaki-maki dan dimarahi habis-habisan oleh PM Lee dan PM Lee mengatakan "Sungguh sangat memalukan bahwa di Singapura ada anak durhaka seperti kalian" .

Lalu PM Lee memanggil sang Notaris dan saat itu juga surat warisan itu dibatalkan demi hukum! Dan surat warisan yang sudah baliknama ke atas nama anaknya tersebut disobek-sobek oleh PM Lee. Sehingga semua harta milik yang sudah diwariskan tersebut kembali ke atas nama Ayahnya, bahkan sejal saat itu anak menantu itu dilarang masuk ke Apartment ayahnya.

Mr Lee Kwan Yew ini ternyata terkenal sebagai orang yang sangat berbakti kepada orangtuanya dan menghargai para lanjut usia (lansia). Sehingga, agar kejadian serupa tidak terulang lagi, Mr Lee mengeluarkan Kebijakan / Dekrit yaitu "Larangan kepada para orangtua untuk tidak mengwariskan harta bendanya kepada siapapun sebelum mereka meninggal. Kemudian, agar para lansia itu tetap dihormati dan dihargai hingga akhir hayatnya, maka dia buat Kebijakan berupa Dekrit lagi, yaitu agar semua Perusahaan Negara dan swasta di Singapura memberi pekerjaan kepada para lansia. Agar para lansia ini tidak tergantung kepada anak menantunya dan mempunyai penghasilan sendiri dan mereka sangat bangga bisa memberi angpao kepada cucu-cucunya dari hasil keringat mereka sendiri selama 1 tahun bekerja.

Anda tidak perlu heran jika Anda pergi ke Toilet di Changi Airport, Mall, Restaurant, Petugas cleaning service adalah para lansia. Jadi selain para lansia itu juga bahagia karena di usia tua mereka masih bisa bekerja, juga mereka bisa bersosialisasi dan sehat karena banyak bergerak. Satu lagi sebagaimana di negeri maju lainnya, PM Lee juga memberikan pendidikan sosial yang sangat bagus buat anak-anak dan remaja di sana, bahwa pekerjaan membersihkan toilet, meja makan diresto dsbnya itu bukan pekerjaan hina, sehingga anak-anak tsb dari kecil diajarkan untuk tahu menghargai orang yang lebih tua, siapapun mereka dan apapun profesinya.

Sebaliknya, Anak di sana dididik menjadi bijak dan terus memelihara rasa hormat dan sayang kepada orangtuanya, apapun kondisi orangtuanya.

Meskipun orangtua mereka sudah tidak sanggup duduk atau berdiri,atau mungkin sudah selamanya terbaring diatas tempat tidur, mereka harus tetap menghormatinya dengan cara merawatnya.

Mereka, warganegara Singapura seolah diingatkan oleh PM Lee agar selalu mengenang saat mereka masih balita, orangtua merekalah yang membersihkan tubuh mereka dari semua bentuk kotoran, juga yang memberi makan dan kadang menyuapinya dengan tangan mereka sendiri, dan menggendongnya kala mereka menangis meski dini hari dan merawatnya ketika mereka sakit.

Bagaimana dengan Indonesia?
Mohon share ini kepada teman-teman Anda agar menjadi pengingat kepada kita semua.


  • Yeda Hendrayana and 14,592 others like this.
  • 8,464 shares
  • 50 of 2,834

    • Akim Khans Betta andai di indonesia mungkin ga da lgi tu kasus lansia yg disidang... salut dah buat PM singapura...
      4 March at 01:23 ·

    • Sam- Kaseem Tupani Makase atas komentar nye gue setuju dan emng benr kok.. Mrka d didik dr sklh tk
      4 March at 08:32 · · 1

    • Saripah Ipah kalau di negara kita mah yang ada begini kalau ibu/orang tua jadi raja anak jadi ratunya tapi kalau anak jadi raja orang tuanya yang jadi pembantuuuu,..beg begicuuulah indonesiaku yang cuciaaan deeeh..:(
      4 March at 08:40 · · 1

    • Black Cobra Ck Luar biasa,PM Singapura Mr Lee Kwan Yew bebar2 manusia SHOLEH..
      4 March at 09:08 ·

    • Itink Lee mantaaaappp........
      4 March at 10:21 ·

    • Black Cobra Ck Sorry,koreksi nach: benar2 SHOLEH mksudnya mas Itink Lee..he he..
      4 March at 10:28 ·

    • Itink Lee hehe,,,,,koment msh mmbayangkan ceritanya,,pas salah pencet...
      4 March at 10:34 ·

    • Black Cobra Ck Mksud ht memetik N sekalinya kepetik B,hbs rusak liriknya friend, wkwkwk..
      4 March at 13:55 ·

    • Gun Wook Siip
      4 March at 19:42 ·

    • Yenny Setyawan ‎( •̃͡-̮•̃͡) /(y)
      <♊ ŠÏ
      _/ \_

      4 March at 19:51 ·

    • Lia Crossland great story....
      5 March at 09:14 ·

    • Yanti Gie Bagus bnget ceritanya . ;)
      <∏--(y) ː̗̀(*)ː̖́ ♏ªήtªz ː̗̀(*)ː̖́
      _[ \_

      5 March at 11:40 ·

    • Darta Arif bener pak...saya waktu kesana juga heran orang-orang tua masih bekerja disana...dalam arti kata mereka masih laku dipakai....mereka ramah2x jadi nggak segan waktu tanya2x (jalan2x pakai MRT) hahahahahah......juga jempol untuk sang PM.
      5 March at 11:41 ·

    • Yuli Julian good ..:
      5 March at 13:19 ·

    • Ibsah Doank amiet2 janGan ad lagi crita yg serupa cak tu,,
      5 March at 17:14 ·

    • Tiwi AzZa great story...
      5 March at 21:07 ·

    • Warmy Boangmanalu PM yg sangat hebat.
      5 March at 21:31 ·

    • Ika W Trisnawati qt bth pemimpin yg spt PM lee.qt harus bbakti krn qt bs jd spt skrng krn ortu.bahkan ortu lbh sayang cin#ta sm anak drpd drny sendiri
      5 March at 23:26 ·

    • Irastia 'Tia' Suliani Bagus en sharingnya,,,makasiih yaa,,liat crt ini aku jd deg2an krn anakku laki2 hanya 1 pula..jd keliatannya en..kita hrs didik jg anak kita spy kelak apaabila dia punya istri,,didik istri km sebagaimana mestinya..laki2 adalah Imam..jgn sampe anak kita DKI (Dibwh Ketiak Istri)..
      Tuesday at 06:02 ·

    • Muhamad Iskandar sukron . Ijin share
      Tuesday at 08:42 ·

    • Vonna Lie ijin copas yach :D
      Tuesday at 11:20 ·

    • Destia Gandaermaya Always nangis dengar cerita ini...
      Tuesday at 11:44 ·

    • Lingdia Tan ‎@norman wijaya... gak punya ortu ya pantesan comentnya kayak gitu smoga u punya anak ntar begitu juga ya... jgn ngaku indonesia malu aq yg bacanya karna org indo sangat punya budi pekerti
      Tuesday at 15:07 ·

    • Chiebi Cliquerss Gokil sangat hebt tu perdana mentri ...........
      Tuesday at 16:01 ·

    • Renny Estiulum Cerita yg mengharukan..... Semoga jadi contoh juga utk Presiden kita, saluuuuut
      Tuesday at 17:27 ·

    • Goeltome Maranata HanRa-Hanna terharu bgt baca ini
      Wednesday at 04:11 ·

    • Reinhard Rockwell Keren ya PM nya sampe perhatian ky begitu... Kalau di Indo sih boro2 deh...
      Wednesday at 05:24 ·

    • Mamase Bogikk Artikel yg bagus sekali. Mengajarkan tentang budi pekerti yang paling mendasar dan menjadi seorang pemimpin yang penuh perhatian terhadap rakyatnya. Yakinlah artikel ini akan mengetuk hati orang2 yg membacanya..
      Wednesday at 06:16 ·

    • Muhammad Habi subhanalloh, artikel yang bagus,,:)
      Wednesday at 08:27 · · 1

    • Lalan Herlani Very good
      Wednesday at 08:49 ·

    • Noortje Roring Anak2 yg tkt akan TUHAN adalah anak2 yg dengar2an d berbakti kepd orgtuax. Mudah2an ini menjd contoh yg baik buat anak2 Indonesia spy tdk menyia2kan orgtua yg lanjut usia tp memberikan perhatian d kasih sampai ia menutup mata.
      Wednesday at 09:04 · · 1

    • Willy Maulana mari kita semua pindah ke singapura *lho ?
      Wednesday at 09:32 · · 1

    • Sugiono Gondokusumo Aku salut dengan PM Spore. Semua itu pasti ada hukum karmanya. Semoga kita bisa ambil hikmanya dari peristiwa ini
      Wednesday at 10:05 ·

    • Paula Hiedayat Good story. .. Yah...itu kalau di Sing. PM nya hebat, kalau di Indonesia Ʈǃďåк ada wkt urus2 kyk begitu. Apalagi Ʈǃďåк menghasilkan Uang. Hahahaha...
      Wednesday at 10:49 ·

    • Chiwie Dhie Laikdhis yow mbah...:D
      Wednesday at 12:21 ·

    • Cak 'iiewans Indonesia, kaya gitu, bakal ga ada korupsi dah
      Wednesday at 16:11 ·

    • Daniel Wie Sien Apik banget...bisa ndak ya pemerintah kita spt PM Singapore..?.mimpi kali ye...
      Wednesday at 19:24 ·

    • Iman Syafaat Menjawab pertanyaan saya kenapa banyak lansia masih bekerja di sing.. Mulai supir taxi sampai cleaning service.. Thx sharingnya
      Wednesday at 22:09 ·

    • Nano Toys Story
      Di indonesia sepertinya sulit jika pemerintah mengeluarkan kebijakan seperti itu.., makanya saya selain mengumpul kan dan mengkoleksi diecast, berharap apa yang saya kumpulkan di usia muda ini bisa membantu saya bekerja kembali setelah pens...See more
      Wednesday at 22:43 ·

    • Lowie Wilwil kekna dl gue pnh ks tw lo deh bon perihal ne cerita.. sighs....
      Yesterday at 02:06 ·

    • Muhamad Hasan I LIKE IT
      23 hours ago ·

    • Widhimaharsa Madjan Mantab bro, jangan pernah melupakan orang tua kita!!!!
      22 hours ago ·

    • Heri Hermawan indonesia indonedisa...................teori tanpa aksi, banyak gaya, miskin aksi...
      21 hours ago ·

    • Presiden Oco Ah,,lebay..
      15 hours ago ·

    • Faizal Fadjri Kisah yang sungguh inspiratif. bayangkan kalo pemimpin" kita bisa mencontoh Perdana Menteri Singapura di atas, pasti angka kemiskinan bakal ngurang pesat deh. Orang korup, dilepas. Orang nyolong pisang digebukin, dibui, trus mati. Siap" aja, Tragedi Trisakti dan Semanggi bakalan terulang lagi, ketika para Mahasiswa dan Masyarakat bersatu!
      8 hours ago ·

    • Chang Aini Waah itu bgus bget klo indonesia bs mniru negara sngapore,psti indonesia hdup mkmur,aman dan gak ad lg oraang gelandangaN" jempol dah bt negara singapura" haha
      9 minutes ago ·
      13 minutes ago ·
      Yeda Hendrayana Oke deh saya share ya...   Cerita Inspiratif