Welcome

AWALI HARIMU DENGAN SENYUM!

Bukan karena semua baik, kita tersenyum,..... tapi karena kita tersenyum, maka semuanya menjadi baik.

Bukan karena hari ini indah, kita bahagia,..... tapi karena kita bahagia, hari ini menjadi indah.



Monday, July 23, 2012

Resep Nasi Goreng Jalanan

Ada yang tau resep nasi goreng yang kayak dipinggir jalan kaki lima itu ga?

Aku pingin nih buatnya, tapi kalo buatan rumah sama yg dipinggir jalan beda, enakan yg beli. Tp ga tau resepnya. Ada yg tau?

Jawaban Terbaik - Dipilih oleh Penanya

Nih resepnya spy hasilnya mirip ma nasgor pinggir jalan, hahaha...

Bahan2 :
Nasi 1 piring (hrs nasi yg pero, maksudnya pd saat menanaknya tdk boleh kebykan air, ciri2 nasi pero : kalau disendok trs dituang ke piring nasinya tidak nemplok di sendoknya trs, ini hal pertama yg sering membuat nasgor rumah beda dgn nasgor girlan)
Bawang putih 1 siung, cabe merah 1 biji (haluskan di atas cobek berbarengan dgn garam secukupnya, garam akan membantu bw pth & cabe utk lbh cepat hancur)
Bawang merah 2 butir (dirajang tipis2)

Cara bikin :
Panaskan 1 sdm minyak goreng dlm wajan di atas kompor dgn api sedang (biasanya minyak gorengnya dicampur dgn minyak ayam spy lbh harum, ini jg yg sering bikin beda nasgor rmh dgn nasgor girlan)
Stlh mnyk panas, masukkan ulekan bw putih+cabe merah+garam dan bw merah rajang ke wajan...tumis sampai berbau harum, masukkan kecap secukupnya...matikan kompor. (biasanya nasgor girlan diksh bumbu penyedap atau vetsin, ini pula yg kdg bikin beda ma nasgor rumah, kalo mau ya tambahin aja)
Kalo yg nasgor telor, seringkali sblm kompor dimatikan masukkan kopyokan telor 1 butir, ublek2 di atas wajan spy tdk saling nemplok dgn tumisan bumbu. Bila mau di+ sosis atau aksesoris lain tambahkan d tahap ini.
Pada kondisi kompor mati, masukkan nasinya, aduk2 sampai bumbu merata, indikasinya warna coklat pd nasi sudah merata.
Jika sdh rata, nyalakan lagi kompornya dgn api besar. Aduk2 dgn gerakan yg gesit (ini kudu latihan trs spy luwes, wkwkwk) spy tdk ada bagian yg gosong berlebihan... Nasi matang ditandai dgn adanya bau smokey yg bercampur harum sedap mewangi, hahaha

Tuang nasgor ke atas piring, tambahkan suwiran ayam goreng, taburi bw mrh goreng, lalu tambhkan aksesoris lain spt irisan timun, tomat, selada + acar...

NB : cara ngedapetin myk ayam, saat beli daging ayam di pasar, minta aja tambahan lemak/gajih ayamnya...sampe di rmh sangrai saja tuh gajih di atas wajan,nti akan keluar minyaknya sendiri,..itu disimpan sbg stock mnyk ayam

Selamat mencoba semoga bisa mirip dgn nasgor girlan favorit Anda
 +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Jawaban Lain (2)

  • resepnya sbb:
    * 500 gr nasi
    * 200 gr daging sapi rebus, potong panjang tipis
    * 100 gr udang basah, kupas kulitnya
    * 2 sdm kecap manis
    * 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis

    Resep Bumbu Nasi Goreng Jawa, haluskan :

    * 4 buah cabai merah, buang biji
    * 1 sdt terasi
    * 6 buah bawang merah
    * 3 siung bawang putih
    * 1 sdt ketumbar
    * ½ sdt gula pasir
    * 1 sdt garam

    Pelengkap Nasi Goreng Jawa :

    * 2 butir telur ayam, buat dadar
    * 2 buah mentimun, kupas, potong-potong
    * Kerupuk udang secukupnya
    * Bawang goreng secukupnya

    Cara Membuat Nasi Goreng:

    1. Tumis bumbu halus hingga harum. Beri 3 sendok makan air dan kecap manis, aduk rata.
    2. Masukkan daging dan udang, aduk sebentar. Masukkan nasi, aduk terus hingga rata betul di atas api kecil, angkat. Sajikan dengan taburan bawang goreng, telur dadar, irisan mentimun, dan kerupuk udang.
  • Bahan-Bahan yang Diperlukan :
    250 gram nasi putih, jangan pilih nasi goreng yang terlalu pulen.
    1 butir telur ayam, kocok lepas.
    Minyak sayur secukupnya untuk menumis

    Bumbu Pertama :
    30 gram Bawang Bombay yang sudah dicincang kasar
    1 siung bawang putih, dicincang halus
    1 butir bawang merah, iris tipis
    2 buah cabe merah besar, cuci bersih kemudian iris tipis
    1 sdm irisan daun bawang

    Bumbu Kedua:
    1 sendok makan kecap asin
    2 sendok makan kecap manis
    1 bungkus kaldu sapi
    Garam dan penyedap rasa secukupnya
    Cara Membuat Nasi Goreng Spesial
    Sebenarnya membuat nasi goreng sangat gampang, tinggal tumis menumis saja. Yang terpenting untuk mendapatkan nasi goreng yang enak adalah proses karamelisasi bumbu-bumbunya. Lebih jelasnya berikut langkah membuat nasi goreng istimewa :
    1. Panaskan minyak kemudian tumis bawang bombay dan bawang merah hingga mengeluarkan aroma yang harum.
    2. Masukkan kocokan telur, orak-arik hingga setengah matang kemudian masukkan sisa bumbu pertama kemudian aduk rata.
    3. Masukkan nasi, lalu aduk sampai rata.
    4. Tambahkan bumbu kedua kemudian aduk kembali sampai rata.
    5. Masak hingga matang kemudian sajikan selagi hangat.

    Nasi goreng akan semakin nikmat dengan taburan bawang goreng diatasnya dan dilengkapi dengan acar mentimun dan cabe rawit. Menambahkan kerupuk udang atau emping melinjo juga akan sangat memperkaya citarasa nasi goreng yang Anda buat.
 Sumber:  http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20110805005224AAM8BX4

Nasi Goreng [sejarah]

Source: www.citizenjurnalism.com
Nasi goreng [bisa di sebut nasgor], secara harfiah berarti “nasi goreng” dalam bahasa Indonesia, cara pembuatannya biasanya dibumbui dengan kecap manis (kecap manis), bawang merah, bawang putih, asam dan cabai dan disertai dengan bahan lain, terutama telur, ayam dan udang. Ada juga jenis lain dari nasgor yang dibuat dengan ikan asin (ikan asin) yang juga populer di seluruh negeri.
nasi-goreng-sederhana by . Nasi goreng dianggap sebagai hidangan nasional Indonesia. Hidangan nasional Indonesia tidak mengenal sosial. Hal ini dapat dinikmati dalam manifestasi yang paling sederhana dari sebuah piring di sebuah warung pinggir jalan, di gerobak jalan nasi goreng malam hari, dimakan di restoran, atau di meja prasmanan pesta makan malam. Pada tahun 2011 sebuah jajak pendapat online oleh 35.000 orang yang di lakukan oleh CNN International memilih Nasi Goreng sebagai makanan nomor dua dari daftar ’50 Makanan Paling Enak Dunia’ setelah rendang.
Nasi goreng jika di lacak asal-usulnya dari nasi goreng Cina, namun tidak jelas kapan Indonesia mulai mengadopsi nasi goreng Cina dan membuat versi nasgor sendiri. Pengaruh Cina pada masakan Indonesia dapat dilihat pada nasi goreng dan mie goreng dan muncul bersamaan dengan pengenalan teknik aduk goreng yang diperlukan penggunaan wajan Cina. Perdagangan antara Cina dan kepulauan Indonesia berkembang sejak era Sriwijaya sekitar abad ke-10 dan diintensifkan di era Majapahit sekitar abad ke-15. Pada saat itu para imigran Cina mulai untuk tetap di Nusantara, membawa bersama mereka budaya mereka dan masakan. Orang Cina biasanya memilih yang baru dimasak atau nasgor masih hangat, dan dalam budaya mereka itu dianggap tabu untuk membuang bahan makanan.  Sebelumnya, di Indonesia mungkin hanya mengeringkan nasi sisa untuk membuat intip atau rengginang (kerupuk nasi), beras kering juga bisa untuk membuat tepung beras. Perbedaan utama dari nasi goreng bahasa Indonesia dibandingkan dengan Cina dan lainnya di Asia terutama penerapan kecap manis, dan selera pedas yang sangat kuet. Nasi goreng Indonesia sering termasuk krupuk dan bawang goreng (goreng bawang) untuk memberikan tekstur yang renyah. Nasgor adalah bagian dari menu makan malam untuk kunjungan kenegaraan Barack Obama ke Indonesia pada 2010, di mana Ia memuji sangat lezat, di makan bersama dengan bakso (bakso sup) dan emping (melinjo).
Tidak ada resep tunggal dari nasi goreng, setiap jenis nasgor dengan campuran tertentu, penambahan, bahan, dan topping bisa menjadi dari salah satu resep nasi goreng.  Bahan dasar nasi goreng adalah nasi yang tersisa dari makanan kemarin dan di tambahkan bumbu (rempah-rempah) campuran bawang merah, bawang putih, merica, garam, kecap tomat, saus sambal atau cabe, dan kecap manis biasanya. Beberapa varian saus tiram dapat menambahkan (saus tiram), ang-Ciu (memasak anggur merah cina), kecap ikan (kecap ikan), atau kecap inggris (Worcestershire sauce). Tekstur nasi sisa dimasak dianggap lebih cocok untuk nasgor daripada nasi baru dimasak, nasi yang baru dimasak masih terlalu lembab dan lembut.

Beberapa resep nasi goreng umum adalah:

  1. Nasi goreng ayam: yang paling umum di kombinasi dengan ayam, bumbu dan kecap manis, warnanya cokelat keemasan
  2. Nasi Goreng spesial: biasanya merujuk ke ayam dengan telur goreng penambahan topping
  3. Nasi Goreng Ati ampela:   dengan tambahan empedal ayam dan hati
  4. Nasi Goreng Sapi: tambahan dengan daging sapi
  5. Nasi goreng kambing: kombinasi dengan daging kambing
  6. Nasi goreng pete: dengan kacang hijau, variasi combo nasi goreng kambing-pete juga populer
  7. Nasi goreng seafood: tambahan dengan seafood seperti cumi-cumi, udang, kerang dan ikan
  8. Nasi goreng ikan asin:  dengan ikan asin biasanya tanpa kecap manis, sebagai hasilnya warna lebih pucat dari nasi goreng biasa
  9. Nasgor teri Medan: dengan kombinasi ikan asin, khusus Kota Medan, Sumatera Utara
  10. NasGor Aceh: Aceh gaya nasi goreng udang pedas
  11. NasGor Jakarta: gaya Jawa Timur,  nasi goreng kombinasi dengan ayam, kecap manis tapi diganti dengan tomat dan saus cabai, sebagai hasilnya warna merah bukan coklat keemasan. Nasi goreng Makassar juga merah, mirip dengan yang satu ini
  12. Nasi goreng Magelangan: Magelang Jawa Tengah gaya nasi ayam goreng dicampur dengan mie, itu dapat dianggap sebagai crossover antara nasgor dan mie goreng, kadang-kadang disebut sebagai nasi ruwet.
  13. Nasi goreng atau nasi goreng pattaya: Nasi Goreng “terbungkus” dalam dadar tipis, dapat ditemukan di Indonesia dan Malaysia
  14. Nasi goreng santri: berarti nasi goreng imam, merujuk pada nasi goreng vegetarian tanpa daging
  15. Nasi goreng sosis: kombinasi dengan sosis
  16. Nasgor Hawaii: dengan kombinasi nanas
  17. Nasi Goreng Hongkong: gaya Hongkong, lebih erat terkait dengan nasi Cina dan mirip dengan Chahan Jepang (Yakimeshi)
Source: www.citizenjurnalism.com

Konfucius

About the author : Konfucius

Konfucius wrote 1681 articles on this Citizen Journalism. Lulusan Teknik Jogya 1980, aktifitas research & development PT AS, Hobyy mancing2 dan menuli


:: CJ - EDITOR'S PICKS ::

No comments:

Post a Comment