Welcome

Awali Harimu Dengan Senyum!

Bukan karena semua baik, kita tersenyum,..... tapi karena kita tersenyum, maka semuanya menjadi baik.

Bukan karena hari ini indah, kita bahagia,..... tapi karena kita bahagia, hari ini menjadi indah.



Senin, 08 Juni 2015

Pemupukan Daun Foliar Feeding

FOLIAR FEEDING - 

Sebuah versi populer dari pemupukan adalah dengan menggunakan campuran nabati laut, terutama rumput laut, yang berisi  50  "trace nutrients". Semakin banyak nutrisi yang diperlukan, semakin sulit untuk menyeimbangkan mereka dalam tanah.  Kelp (rumput laut) juga mengandung beberapa hormon yang dianggap baik untuk pengembangan  daun, bunga dan buah. Ini menarik bagi tukang kebun organik yang menolak aplikasi hormon buatan.

Foliar feeding adalah teknik pemupukan tanaman dengan mengaplikasikan  pupuk cair pada daun dengan cara disemprotkan langsung, karena tanaman mampu menyerap unsur-unsur penting melalui daun.. Penyerapan terjadi melalui stomata dan juga melalui epidermis. Transportasi nutrisi biasanya lebih cepat melalui stomata, tetapi penyerapan total mungkin sama besar melalui epidermis.  Tanaman juga mampu menyerap nutrisi melalui kulit mereka. Meskipun sebelumnya Foliar feeding diduga merusak tomat, tetapi kini telah menjadi praktek standar pemupukan tanaman.

H.B. Tukey adalah Kepala dari Michigan State University (MSU) Departemen Hortikultura pada tahun 1950-an. Bekerjasama dengan SH Wittwer, mereka secara meyakinkan membuktikan bahwa Foliar feeding sangat efektif. Fosfor dan kalium radioaktif diaplikasikan pada dedaunan. Sebuah alat counter Geiger digunakan untuk mengamati penyerapan, gerakan dan pemanfaatan nutrisi. Nutrisi diangkut pada laju sekitar 30 cm per jam ke seluruh bagian tanaman.

Jus dari daun tanaman dapat diuji dengan refraktometer. Setelah aplikasi  Foliar feeding, jumlah cahaya dibiaskan secara signifikan meningkat, setidaknya menunjukkan beberapa nutrisi telah diserap. Sebuah alat semprot (spray enhancer) dapat membantu menempelkan nutrisi pada daun untuk kemudian menembus stomata dan kutikula daun .


Foliar Feeding umumnya dilakukan pada malam atau dini hari, karena panas matahari menyebabkan pori-pori daun pada beberapa spesies tanaman menutup.
Tanaman & Kebun