Welcome

Awali Harimu Dengan Senyum!

Bukan karena semua baik, kita tersenyum,..... tapi karena kita tersenyum, maka semuanya menjadi baik.

Bukan karena hari ini indah, kita bahagia,..... tapi karena kita bahagia, hari ini menjadi indah.



Sabtu, 09 Agustus 2014

Jadilah Penjual Idola

JADILAH PENJUAL IDOLA PELANGGAN.
Penulis: Yeda

SETELAH BEKERJA KERAS DAN BERHASIL MENDAPATKAN “APPOINTMENT” BERTEMU DENGAN PELANGGAN, DENGAN ANTUSIAS KITA MEMPERSIAPKAN KEPERLUAN PRESENTASI SEPERTI: KARTU NAMA, BROSUR PRODUK, DAN PROFIL PERUSAHAAN. WALAUPUN KITA TAHU BAHWA PRODUK KITA MEMANG LAYAK UNTUK KITA TAWARKAN, DAN BERMANFAAT UNTUK ORANG LAIN. TETAPI PADA UMUMNYA SEBAGIAN BESAR PELANGGAN TIDAK INGIN DIDEKATI OLEH SALES. DAN KALAUPUN MEMANG TERPAKSA HARUS BERHADAPAN DENGAN SALES, MEREKA BIASANYA SUDAH MEMBENTENGI DIRI UNTUK TIDAK MUDAH TERMAKAN RAYUAN. MEREKA TIDAK SUKA DIBUJUK, APALAGI DIDESAK UNTUK MEMBELI. JADI SANGATLAH BIJAKSANA APABILA KITA MEMBIARKAN PELANGGAN YANG MEMIMPIN, DAN BERIKAN KEPADANYA CUKUP WAKTU UNTUK BERPIKIR. YANG PERLU KITA LAKUKAN SEBAGAI SALES, HANYALAH BERUPAYA UNTUK MEMBANTU PELANGGAN DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN YANG TEPAT.
TETAPI ADA HAL PENTING YANG TIDAK BOLEH KITA LUPAKAN AGAR SUKSES DALAM MENJUAL. YAITU DENGAN PENUH KESABARAN, SECARA PERLAHAN-LAHAN DAN SEDIKIT DEMI SEDIKIT, KITA HARUS MEMBANGUN KEPERCAYAAN PELANGGAN. ADA PEPATAH KUNO YANG MENGATAKAN “UNTUK MEMAKAN SEEKOR GAJAH, HARUS SEDIKIT DEMI SEDIKIT, TIDAK BISA SEKALI TELAN”. BERIKUT ADALAH BEBERAPA TIPS DALAM MENJUAL.


7 STRATEGI MENGUNJUNGI PELANGGAN.

1. MEMBANGUN PERSAHABATAN.
LAKUKAN PERBINCANGAN RINGAN DAN CIPTAKAN SUASANA SANTAI SEBELUM "TO THE POINT" MENJUAL. MELALUI PENDEKATAN EMOSIONAL/EQ, SENTUHLAH HATI SANUBARINYA, EGONYA, PERASAAN DAN KEGEMBIRAANNYA.
(CONTOH: MEMPERKENALKAN DIRI DAN MENYAPA DENGAN RAMAH, MENANYAKAN KABAR DIRINYA DAN BAGAIMANA KABAR KELUARGANYA, DAN SEDIKIT BASA-BASI YANG TULUS.
“KITA BERUSAHA LEBIH DULU UNTUK MENGERTI PELANGGAN, KEMUDIAN BARU KITA BERHARAP UNTUK DIMENGERTI OLEH PELANGGAN”).

2. MENGENALI PELANGGAN.
KENALILAH SIFAT KEPRIBADIANNYA. CARILAH “KESAMAAN” DALAM MINAT, HOBI DAN BIDANG PEKERJAAN YANG DIKUASAI PELANGGAN. CARI TAU APA YANG BISA MEMBUAT PELANGGAN BERGAIRAH.
(CONTOH: MISALNYA DARI MELIHAT SEKILAS LINGKUNGAN DISEKITAR RUMAHNYA, MISALKAN DISAMPING RUMAHNYA IA MEMILIKI KEBUN., BERARTI PELANGGAN TERSEBUT GEMAR BERCOCOK TANAN. DIRUANG TAMU BAYAK KARYA SENI DAN TERGANTUNG LUKISAN, BERARTI IA MENYUKAI SENI DAN KEINDAHAN. ATAU IA SANGAT BERSEMANGAT BILA SEDANG MEMBICARAKAN SEPAK BOLA. KITA CARI TAU JUGA, IA TIPE SEORANG YANG TERBUKA ATAU AGAK TERTUTUP. APAKAH IA TIPE ORANG YANG MUDAH PERCAYA ATAU ORANG YANG SULIT UNTUK PERCAYA. DAN CARILAH TERUS PETUNJUK LAINNYA TENTANG ORANG TERSEBUT. KEMUDIAN KITA BUAT OBROLAN RINGAN MENGENAI HOBINYA. DAN PERLU DI INGAT, DALAM PEMBICARAAN JANGAN SAMPAI TERKESAN SEOLAH-OLAH IA SEDANG DI –INTEROGASI. HARAP KITA SELALU INGAT “TEMUAN DAN FAKTA TENTANG PELANGGAN ADALAH LANGKAH AWAL PENJUALAN”).
3. MENJAWAB PERTANYAAN DAN MENGHADAPI KEBERATAN-KEBERATAN.
“SAYA SUDAH PUNYA BANYAK YANG SEPERTI INI”
(CONTOH: SEBAGIAN BESAR KEBERATAN DARI PELANGGAN MERUPAKAN VARIAN DARI :
“ MAAF, SAYA TIDAK MEMBUTUHKANNYA”

“ TIDAK, TERIMA KASIH, ISTRI SAYA TIDAK SETUJU”
“ WAH, MAHAL JUGA YA” DAN LAIN SEBAGAINYA.
KARENA KITA HARUS SELALU BER-SIMPATI, BER-EMPATI, MENGHARGAI DAN MENGHORMATI PELANGGAN, KITA WAJIB MENJAWAB DENGAN SIMPATIK TANPA TERKESAN MENGGURUI. PENJELASAN KITA HARUS BISA MEMBERIKAN “WIN-WIN SOLUTION”.
INGAT INI, “INFORMASI MEMBUAT ORANG JADI TAU, SELLING MEMBUAT ORANG JADI MAU, DAN MOTIVASI MEMBUAT ORANG JADI BERTINDAK”).

4. LEBIH BANYAK MENDENGAR UNTUK MENGGALI "NEEDS & WANTS".
(CONTOH: PELANGGAN MENGELUHKAN TENTANG BARANG YANG PERNAH DIA BELI DARI SALES, KUALITASNYA RENDAH. BERARTI DISINI PELANGGAN BUTUH KEYAKINAN DAN MENGINGINKAN PRODUK YANG BAGUS. DAN TENTU SAJA YANG ASLI. KEMUDIAN BARULAH KITA BISA MENJELASKAN TENTANG KELEBIHAN DARI PRODUK KITA, MENGENAI MUTUNYA, KEASLIANNYA, FITUR-TAMBAHANNYA, KEISTIMEWAANNYA, BONUSNYA, GARANSI KHUSUS DAN HARGANYA YANG LEBIH BAIK. PENJELASAN KITA HARUS DENGAN CARA YANG BENAR DAN DAPAT DITERIMA, SESUAI DENGAN DENGAN KEBUTUHAN PELANGGAN. “KITA TIDAK DAPAT MEMBUAT REKOMENDASI JIKA KITA TIDAK TAHU APA KEBUTUHAN PELANGGAN”).
5. MERAIH KEPERCAYAAN PELANGGAN.
RAIHLAH KEPERCAYAAN PELANGGAN KEPADA KITA DAN KEPADA PRODUK YANG KITA TAWARKAN, TUNJUKKAN BUKTI DAN KREDIBILITAS YANG KITA MILIKI.
(CONTOH: SEANDAINYA KITA DITANYA OLEH PELANGGAN “ANDA BILANG INI PRODUK YANG BAGUS DAN MURAH, APA BUKTINYA?”, ATAU “DARIMANA SAYA TAHU INI BARANG ASLI?”. NAH DISINILAH KITA HARUS BISA MEMBUKTIKAN BAHWA OMONGAN KITA BENAR, MISALNYA DENGAN TESTIMONI DARI PELANGGAN LAIN YANG PUAS, ATAU DENGAN MEMPERLIHATKAN DOKUMEN SERTIFIKASI DAN HASIL UJI LABORATORIUM, LAPORAN TEKNIKAL DAN BUKTI LAIN YANG MENGUATKAN DAN MENJELASKAN BAHWA PRODUK KITA MEMANG BAGUS. WALAUPUN PELANGGAN TIDAK SAMPAI PELAJARI LEBIH DETAIL ATAU SAMPAI MEMERIKSA SURAT-SURAT TERSEBUT YANG KITA BAWA, TETAPI MINIMAL HARUS ADA DATA-DATA YANG DAPAT KITA PERLIHATKAN, DAN ADA LAPORAN SEDIKIT SUPAYA INI DAPAT MEMBANTU KITA LEBIH BISA DIPERCAYA. INI PENTING, “KITA BERIKAN BUKTI, KARENA BIASANYA OMONGAN SALES PALING GAK BISA DIPERCAYA”)
6. SEDERHANAKAN PENJELASAN KITA.
JIKA CARA ATAU PENJELASAN KITA KURANG BERHASIL, UBAHLAH!
PELANGGAN MEMPUNYAI POLA PIKIR YANG TIDAK SELALU SAMA. JUGA MEMPUNYAI ALASAN YANG BERBEDA DALAM MEMBELI. KITA TIDAK DAPAT MENJELASKAN SESUATU DENGAN CARA YANG SAMA KEPADA PELANGGAN YANG BERBEDA.
(CONTOH: KITA SEDANG MENAWARKAN PRODUK KEPADA SEORANG KAYA YANG AKAN MEMBELI HANYA UNTUK KESENANGAN SAJA, MAKA KITA AKAN MENJELASAN PRODUK KITA DARI SEGI: KENIKMATANNYA, KENYAMANANNYA, KEELOKANNYA DAN KESEMPURNAANYA. 
CARA PENJELASAN KITA HARUS BERBEDA JIKA KITA MENAWARKAN KEPADA SESEORANG YANG MEMBELI KARENA INGIN MENDAPAT UNTUNG, MISALNYA UNTUK DIJUAL LAGI. MAKA KITA AKAN MENJELASKAN KEPADANYA DARI SEGI: HARGANYA YANG MURAH, PRODUKNYA YANG SANGAT DIMINATI ORANG-ORANG, DAN KALAU BELI BANYAK DAPAT DISKON.
CARA KITA MENJELASKAN HARUS DAPAT DITERIMA DENGAN BAIK OLEH PELANGGAN, DAN MUDAH UNTUK DIPAHAMI.
“EINSTEIN BERKATA “ADALAH SUATU KEGILAAN BAGI ORANG YANG MELAKUKAN CARA YANG SAMA BERULANG-ULANG, TETAPI IA MENGHARAPKAN HAL YANG BERBEDA”
EINSTEIN JUGA MENGATAKAN “ KESEDERHANAAN MERUPAKAN KEKUATAN. SEBAB DENGAN KESEDERHANAAN, KITA DAPAT MENERJEMAHKAN SEGALA HAL JADI MUDAH DIMENGERTI”).

7. JANGAN MERENDAH TERLALU BERLEBIHAN.
ANGKATLAH DIRI KITA DAN UPAYAKAN UNTUK SEJAJAR TAPI TETAP SOPAN.
(CONTOH: WALAUPUN KITA SEDANG BERHADAPAN DENGAN PELANGGAN, KITA TIDAK DI HARUSKAN UNTUK MENELAN BULAT-BULAT HARGA-DIRI DAN KEBANGGAN KITA. MISALNYA, KITA TIDAK PERLU MENGUCAPKAN TERIMA KASIH DAN KATA MAAF BERULANG-ULANG KARENA KESANNYA “OVER-ACTING”. KARENA BIASANYA, BILA KITA SEPERTI ITU, MAKA SECARA TIDAK LANGSUNG, AKAN MELEMAHKAN KARAKTER KITA SEHINGGA KITA AKAN MUDAH UNTUK DISINGKIRKAN. DISAMPING ITU ADA UNGKAPAN YANG MENGATAKAN:
“LEBIH BAIK MERENDAH DARIPADA BERBICARA BERLEBIHAN”. MERENDAH DISINI ADALAH MENANDAKAN SUATU SIKAP RENDAH HATI. “RENDAH HATI BUKANLAH MERENDAHKAN DIRI”)



7 STRATEGI AFTER SALES SERVICE

1. MENGKONFIRMASIKAN PENGIRIMAN DAN BERTERIMAKASIH KEPADA PELANGGAN ATAS KEPERCAYAAN BISNIS YANG DI BERIKAN KEPADA KITA. DAN MEMASTIKAN APAKAH PELANGGAN SUDAH BENAR-BENAR PUAS.
2. MEMASTIKAN PELANGGAN MEMILIKI RINCIAN KONTAK KITA DAN KITAPUN MEMILIKI RINCIAN KONTAK MEREKA. DAN SEGERA PERBAHARUI APABILA ADA PERUBAHAN KONTAK.
3. PENUHI JANJI-JANJI YANG TELAH KITA UCAPKAN, SEPERTI MENERIMA KOMPLAIN DAN MELAKSANAKAN PERBAIKAN, ATAU MEMBERI BONUS YANG DIJANJIKAN.
4. BERIKAN LEBIH DARI APA YANG MEREKA HARAPKAN DAN BUATLAH MEREKA SANGAT TERKESAN. SEPERTI CONTOH: PELANGGAN MENGHARAPKAN DALAM SEMINGGU BARANG SUDAH DITERIMANYA. TETAPI KITA JADIKAN DALAM 4-5 HARI BARANG SUDAH SAMPAI DIRUMAHNYA DALAM KEADAAN BAIK.
5. MENGINFORMASIKAN KEPADA PELANGGAN ATAS PRODUK-PRODUK TERKAIT, ATAU TAMBAHAN PRODUK YANG BARU. BERIKAN SAMPEL PRODUK GRATIS.
6. TETAP MEMBINA PERSAHABATAN DAN SELALU BERHUBUNGAN BAIK DENGAN PELANGGAN.
DENGAN MENGUNJUNGI, MENELEPON ATAU MEMBERI KARTU UCAPAN SECARA TERATUR.
7. MENGUNDANG PELANGGAN PADA SETIAP EVENT PENJUALAN ATAU PROMOSI BISNIS KITA.
ATAU PADA SAAT DEMONTRASI PRODUK BARU.


7 TIPS BISNIS

1. USAHAKAN BERBEDA DARI KOMPETITOR.
(CONTOH: DENGAN KREATIFITAS, SEPERTI NAMA BRAND PRODUK YANG SEDIKIT “ANEH” ATAU SEDIKIT “GILA”, KEMASAN YANG MENARIK, MENCIPTAKAN MODEL/VARIASI BARU, ATAU DENGAN CARA BERJUALAN YANG “HEBOH”)
2. MENINGKATKAN USAHA DENGAN MEMBERI “NILAI TAMBAH”
(CONTOH: DENGAN MENINGKATKAN PELAYANAN, MENAMBAHKAN FITUR, MEMBERI GARANSI UANG KEMBALI, MEMBERI BONUS TAMBAHAN, MEMBERI DISKON SPESIAL, MEMBERI CICILAN TANPA DP, BELI 1 GRATIS 1, BARANG DIANTAR TANPA ONGKOS KIRIM, DAN AFTER-SALE SERVICENYA DIBUAT SEDEMIKIAN RUPA AGAR LEBIH MENGESANKAN PELANGGAN.)
3. MENINGKATKAN USAHA DENGAN MEMBERI “NILAI KALI”
(CONTOH: MENAMBAH JUMLAH TOKO ATAU OUTLET, MEMPERBANYAK JUMLAH AGEN DAN PERWAKILAN KITA, ATAU DENGAN KATA LAIN MELEBARKAN SAYAP USAHA KITA)
4. MENINGKATKAN USAHA DENGAN MEMBERI “NILAI BAGI”
(CONTOH: DENGAN SALING BERBAGI INFORMASI BISNIS TERKINI MELALUI JARINGAN PERGAULAN KITA, SALING BERBAGI/SHARING PENGALAMAN BERBISNIS DIANTARA PARA PELAKU BISNIS LAINNYA, KEMUDIAN MEMBAGI-BAGIKAN USAHA KITA DENGAN MEMBERI KESEMPATAN KEPADA ORANG LAIN MENJADI PARTNER ATAU REKANAN BISNIS. SEPERTI ME-WARALABAKAN USAHA KITA DAN AKHIRNYA DAPAT BERSAMA-SAMA MEMAJUKAN BISNIS DENGAN KEKUATAN MAKSIMAL)
5. MENINGKATKAN USAHA DENGAN MEMBERI “NILAI KWADRAT”
(CONTOH: LAKUKAN TEKNIK LEVERAGE/DAYA-UNGKIT, DENGAN MENGGANDAKAN PENGETAHUAN BISNIS KITA, MENGGANDAKAN KEMAMPUAN/SKILL KITA, MENGGANDAKAN JUMLAH PRODUKSI DAN JUMLAH MODAL KITA, SERTA MENGGANDAKAN KEKUATAN TIM PEMASARAN KITA, YANG PADA AKHIRNYA AKAN SANGAT MELIPAT-GANDAKAN KEBERHASILAN KITA)
6. MEMAHAMI DAN MENGHARGAI “NILAI ZERO TO HERO”
BANYAK ORANG YANG SETELAH SUKSES, BERUBAH MENJADI AROGAN. DAN MENUTUP HATI MEREKA TERHADAP ORANG LAIN. PADAHAL SEWAKTU MASIH BERSUSAH PAYAH DAN BERUSAHA DARI NOL, MEREKA SANGAT RESPEK TERHADAP  “NASEHAT” YANG MENJADIKAN DIRI MEREKA MENUAI KEBERHASILAN.
(CONTOH: NAMA-NAMA BESAR SEPERTI HITLER, MAO, DAN STALIN, MEREKA BERJUANG DARI “NOL” SAMPAI AKHIRNYA MENCAPAI “SUKSES” DI PUNCAK TERTINGGI KEPEMIMPINAN. TETAPI MEREKA JADI LUPA DARATAN, MEREKA TIDAK MAU MENDENGAR, MEREKA TIDAK MAU DI-KRITIK, MEREKA MEMAKSAKAN KEHENDAK DAN KEBENARANNYA SENDIRI. DAN PADA AKHIRNYA MEREKA MENGALAMI KEHANCURAN. BEGITUPUN APABILA KITA BERHENTI MENDENGAR ORANG LAIN, BERHENTI BELAJAR DAN BERHENTI BERKREASI. LALU KITA MERASA DIRI SUDAH SELESAI DAN SUDAH MENCAPAI SUKSES. KITA MENJADI BESAR KEPALA DAN CENDERUNG “AROGAN”. PADAHAL SESUNGGUHNYA TANPA KITA SADARI, LINGKUNGAN DAN DUNIA TERUS BERGERAK, BISNIS TERUS BERKEMBANG, TERUS BER-INOVASI. SEMENTARA KITA MASIH TETAP DIAM DITEMPAT DAN TERGILAS JAMAN. JADI SEPERTI KATA PEPATAH “DALAM BISNIS, KITA DI IBARATKAN MENAIKI SEPEDA, JANGAN BERHENTI MENGAYUH KALAU TIDAK INGIN HILANG KESEIMBANGAN ATAU TERJATUH”. INI MENGINGATKAN KITA AGAR JANGAN PERNAH BERHENTI BERBISNIS. SEDIKIT SAJA KITA LALAI, MAKA KITA AKAN KEHILANGAN PELUANG”)
7. TINGKATKAN TERUS KEMAMPUAN MANAJEMEN BISNIS YANG TELAH KITA TERAPKAN SELAMA INI. TERUSKAN BERINVESTASI DAN JANGAN LUPA MELINDUNGI BISNIS KITA DENGAN MENGASURANSIKAN ASET-ASET PENTING KITA. DAN SANGAT DISARANKAN AGAR KITA TIDAK HANYA MENJALANKAN SATU BIDANG USAHA SAJA, UNTUK BERJAGA-JAGA SEANDAINYA SATU BIDANG USAHA SEDANG “DOWN”, MAKA BIDANG USAHA LAINNYA KITA HARAPKAN AKAN BISA MENUNJANG. SEPERTI KATA PEPATAH “JANGAN TARUH SEMUA TELUR DALAM SATU KERANJANG”

PESAN: "Don't find customers for your products, ..find products for your customers!"

KUTIPAN MOTIVASI:
“APABILA KITA MENGAMBIL RESIKO, MAKA KITA AKAN HIDUP DENGAN PENUH KEWASPADAAN TINGGI, DAN MEMILIKI GAIRAH HIDUP YANG MEMUNCAK. 
KETIKA KITA MENGIKUTI GAIRAH KITA, ORANG-ORANG AKAN LEBIH MEMPERHATIKAN KITA. AURA SEMANGAT KITA YANG TERPANCAR, AKAN MENGINSPIRASI SERTA MENARIK MINAT ORANG LAIN”.

KITA ADALAH APA YANG KITA LAKUKAN BERULANG-ULANG.
“KESUKSESAN”  BUKANLAH SUATU TINDAKAN. 
TETAPI ADALAH SUATU KEBIASAAN. (ARISTOTELES)

Motivasi - contoh