Welcome

Awali Harimu Dengan Senyum!

Bukan karena semua baik, kita tersenyum,..... tapi karena kita tersenyum, maka semuanya menjadi baik.

Bukan karena hari ini indah, kita bahagia,..... tapi karena kita bahagia, hari ini menjadi indah.



Selasa, 25 Oktober 2011

Cara Mengobati Penyakit Flu

MENGOBATI FLU

FLU adalah penyakit yang bisa menyerang siapa saja terutama di musim pancaroba. Memang tidak terlalu berbahaya, namun flu bisa membuat kinerja Anda menurun.

Sebenarnya flu bisa dilawan tanpa harus menyantap obat-obatan yang tidak alami. Anda bisa mendapatkannya secara alami dari bahan-bahan makanan yang mudah didapat.
Ada berbagai makanan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh sehingga Anda tak perlu tertular flu. Misalnya menyantap jeruk, brokoli, anggur, kiwi, kol dan sebagainya. Makanan-makanan tadi mengandung vitamin C yang mengandung anti oksidan dan membantu tubuh melawan berbagai penyakit.

Bahan makanan seperti kentang dan bayam yang mengandung beta karoten juga mengandung anti oksidan yang menjaga kesehatan tubuh.

Lemak ikan dan telur yang mengandung omega 3, di dalamnya terdapat laktobasilus dan atau bifidobakterium yang meningkatkan kekebalan tubuh dengan menstimulasi tubuh untuk memproduksi substansi yang disebut cytokines. Cytokines inilah yang ikut melawan infeksi dalam tubuh.

Makanan yang mengandung organisme fermentasi seperti yoghurt juga bisa mencegah penyakit flu. Karena yoghurt mengandung banyak laktobasilus. Selain makanan, ada perlunya juga Anda mengkonsumsi multivitamin agar menjaga tubuh tetap fit. Tubuh sehat, flu pun dapat diatasi. 

Berikut Tips Cara Mengobati Penyakit Flu :

1. Stay at home.
Beristirahatlah di rumah. Jangan bepergian karena kadang angin di luar rumah itu dapat memperparah flu.

2. Full bed rest.
Tidurlah yang cukup, ini mempercepat kesembuhan karena dengan tidur, proses kesembuhan dapat bekerja lebih cepat.

3. Berkumur dengan larutan garam
Air garam dapat membantu menghilangkan lendir yang menyumbat tenggorokan serta membantu memulihkan radang tenggorokan.

4. Minum air putih yang banyak
Air putih banyak sekali kegunaannya. Selain dapat menurunkan demam, air putih juga membantu mengganti lendir yang hilang dari hidung ketika terserang flu.

5. Menghirup uap panas
Dengan menghirup uap panas, dipercaya akan melonggarkan dan membuka saluran hidung yang tersumbat sehingga dapat melancarkan pernapasan.

6. Hindari asap rokok
Asap rokok dapat memicu flu dan memperparah pilek anda. Segera jauhkan diri dari rokok ketika terserang flu.

7. Pilihlah makanan yang tepat
Tidak mengkonsumsi makanan yang dapat memicu radang tenggorokan
Hindari makan-makanan yang terlalu manis, pedas, dan mampu membuat tenggorokan gatal. Makan atau minum yang hangat-hangat. Hentikan mengkonsumsi coklat dan es krim selama sakit flu.

8. Minum obat
Minumlah obat flu agar mempercepat kesembuhan. Apabila sakit masih berlanjut, anda bisa menghubungi dokter terdekat.

Demikian penjelasan saya tentang Cara Mengobati Penyakit Flu

Orkes - Olah Rafga dan Kesehatan - pilek
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Cegah Terjadinya Penularan
Untuk mencegah terjadinya penularan, kita perlu memahami cara virus ini memperbanyak diri dan menimbulkan infeksi. Yang menarik dalam hal ini, virus penyebab batuk pilek hanya memperbanyak diri di dalam sel hidup. Di luar sel hidup, virus tersebut tidak bisa memperbanyak diri, tetapi bisa hidup lebih sampai lebih dari tiga jam. Dan jika sampai terhirup bersama udara hingga masuk ke dalam hidung bisa langsung menimbulkan infeksi.
Virus batuk pilek juga bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh kita lewat mulut, hidung, atau mata. Biasanya kita memang mudah terkena batuk pilek ketika berada di dekat orang yang batuk atau bersin-bersin. Namun yang lebih sering, virus masuk dengan perantara jari-jari kita karena kebetulan menyentuh benda-benda yang telah terkontaminasi virus seperti pulpen yang terletak di meja, tombol start pada mesin fax atau alat fotokopi, gagang telepon, pegangan tangga atau pintu di tempat umum, atau ketika memencet tombol untuk menyalakan lampu. Sedikit virus saja sudah cukup untuk menimbulkan infeksi.
Pada anak-anak, penularannya bisa lebih gampang lagi karena baik di sekolah maupun di taman bermain, kemungkinan terjadinya kontak pada waktu bermain bersama sangat besar. Juga kalau mereka bermain bersama dengan menggunakan mainan yang sama. Jika salah satu terinfeksi, mudah sekali menularkan pada anak-anak yang lain.
Langkah-langkah berikut ini mencegah terjadinya penularan:
Jika kondisi tubuh anda atau anak anda sedang kurang fit, hibdari terlalu banyak kontak dengan penderita batuk pilek.
  • Sehabis kontak dengan penderita atau dengan benda-benda serta permukaan tempat yang sekiranya telah terkontaminasi virus, segera cuci tangan. Mencuci tangan bisa melepaskan virus penyebab batuk pilek dari tangan dan jari-jari. Gerakan mencuci tangan tersebutlah yang melepaskan virus tersebut dari tangan dan jari-jari. Sabun dan detergen biasa yang kita gunakan memang tidak bisa membunuh virus tetapi bisa melepaskannya dari tangan dan jari-jari kita.
  • Jauhkan jari-jari anda dari mata, mulut, atau hidung.
  • Usahakan menghindar jika ada orang yang batuk atau bersin ke arah anda.
  • Bersihkan permukaan benda-benda keras di sekeliling anda dengan desinfektan.
Atasi Dengan Cara Alami
Jika kita telah telanjur mengalami gejala batuk pilek, berikut ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan:
  • Pastikan tubuh anda mendapat cukup istirahat di tempat tidur, lepaskan sejenak rutinitas sehari-hari dan usahakan untuk menghalau stress. Tubuh anda perlu istirahat supaya mampu memerangi penyakit ini.
  • Minumlah banyak cairan, terutama air putih, jus buah segar atau teh herbal panas.
  • Mengkonsumsi sup sayuran dengan bumbu bawang putih akan sangat membantu. Karena bawang putih banyak mengandung bahan kimia yang berfungsi antimikroba, antivirus dan antiprotozoa.
  • Echinacea adalah herba yang telah dikenal bisa membantu mengatasi batuk pilek. Namun herba ini hanya efektif jika dipergunakan saat kita baru terinfeksi virus.
  • Vitamin C dalam dosis tertentu, meskipun tidak bisa mengobati, setidaknya bisa mengurangi keparahan penyakit atau memperpendek selang waktu terjadinya gejala.
  • Minyak esensial yang mengandung eucalyptus dan menthol  telah lama digunakan untuk mengatasi batuk pilek dan flu. Menthol banyak terdapat pada minyak peppermint, sedang eucalyptus terdapat pada minyak eucalyptus.
  • Untuk mengatasi batuk, buat ramuan madu dan jeruk nipis. Jika cukup parah buatlah ramuan lidah buaya dan madu.
Agar anda tidak menjadi sumber penularan, jangan lupa untuk sementara waktu kurangi kontak dengan orang lain. Tutp hidung dan mulut ketika bersin dan batuk. (Sumber Nirmala).

FLU
Penyebabnya tidak hanya satu hal saja. Contoh: kehujanan, minum es (bagi orang yang alergie) dan sebagainya.
Anda ingin cepat sembuh? Ikutilah petunjuk resep tradisional ini.
Bahannya antara lain: nanas, cengkeh 4 biji, gula aren, dan kayu manis.
Caranya sebagai berikut:
Nanas dikupas kulitnya lalu diprut. Cengkeh dan kayu manis ditumbuk sampai halus. Kalau sudah, parutan nanas dan tumbuk-an cengkeh dan kayu manis aduk menjadi satu. Yang terakhir bu-buhkan gula aren, kemudian disaring dengan kain halus untuk di-ambil air sarinya. Minumlah ramuan ini 2 atau 3